tugas 4

Posted: January 4, 2012 in Uncategorized

KJK-PEMK

Koperasi Jasa Keuangan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Kelurahan (KJK PEMK) merupakan bantuan dana dari pemerintah yang di berikan kepada setiap koperasi untuk pengembangan usaha ekonomi masyarakat setiap kelurahan.

Disini saya mengambil contoh KJK-PEMK di Kelurahan Kwitang, Senen, Jakpus dimana warganya cukup banyak memanfaatkan dana PEMK untuk melakukan usahanya.

KJK-PEMK Kwitang,Senen, Jakpus

Pengelolaan dana di Koperasi Jasa Keuangan (KJK) Pemberdayaan Masyarakat Ekonomi Kelurahan (PEMK) di Kelurahan Kwitang, Senen, Jakpus berjalan lancar. Hingga saat ini, telah menerima dua kali kucuran dari Pemprov DKI Jakarta dengan peminjam mencapai 315 warga.
Ketua KJK PEMK Kwitang, Silvianti Asril, S.Ip mengatakan warga yang ingin memanfaatkan dana PEMK cukup banyak, namun pihaknya tetap harus selektif dan hati-hati. Hal ini agar pengelolaannya berjalan baik dan pengembalian pinjaman lancar.
“Selama ini pengembalian berjalan lancar dan tidak mengalami masalah, termasuk pengembalian ke Unit Pengelola Dana Bergulir (UPDB) Pemprov DKI Jakarta,” jelas Silvianti didampingi Lurah Kwitang, Ishran Prasetiawan, kemarin usai menyarahkan penguliran dana tahap ke dua kepada warga.
Bukti lancarnya pengembalian pinjaman dari masyarakat atau pemanfaat, KJK PEMK Kwitang saat ini telah mendapat dua kali kucuran dana. Pertama Desember 2010 besarnya Rp 540 juta dan kucuran ke dua November 2011 yang besarnya Rp 400 juta. “Dana kucuran pertama telah digulirkan semua dan pengembalian dana tersebut sudah mencapai 65 persen atau sekitar Rp 351 juta,” katanya.
Masyarakat atau pemanfaat dana tersebut mengaku sangat senang dan terbantu dengan adanya dana PEMK yang dikelola KJK. Karena sangat membantu dalam mengambangkan usaha. “Kami sangat terbantu, berkat pinjaman dana KJK PEMK usaha kami tetap berjalan lancar,” ucap Ny. Siti, pedagang.

Lurah Kwitang, Ishran Prasetiawan mengingatkan kepada para pemanfaat kalau dana bergulri tersebut bukan dana hibah. Namun, dana yang harus dikembalikan dan dipertanggungjawabkan, sehingga warga yang meminjam harus mengembalikan. “Bagi yang meminjam harus mengembalikan karena masih banyak warga yang ingin memanfaatkan,” katanya.

Analisis
Menurut pendapat saya KJK-PEMK di kelurahan kwitang sudah dilakukan dengan baik. Warga di kelurahan tersebut sangat terbantu dengan adanya bantuan dana dari KJK-PEMK untuk mengembangkan usaha mereka.
Pengembalian dana pun dilakukan dengan baik,tidak ada kemacetan. Bukti lancarnya pengembalian pinjaman dari masyarakat atau pemanfaat, KJK PEMK Kwitang saat ini telah mendapat dua kali kucuran dana. Pertama Desember 2010 besarnya Rp 540 juta dan kucuran ke dua November 2011 yang besarnya Rp 400 juta. kucuran pertama telah digulirkan semua dan pengembalian dana tersebut sudah mencapai 65 persen atau sekitar Rp 351 juta .ketua KJK-PEMK di kelurahan kwitang pun bagus karena selektif memilih warga yang ingin memanfaatkan dana tersebut.

Sumber:
http://www.poskota.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s