PERANAN KOPERASI DALAM BERBAGAI BENTUK PASAR

Posted: December 4, 2011 in Uncategorized

Berdasarkan sifat dan bentuknya, pasar
diklasifikasikan menjadi 2 macam :
1. Pasar dengan persaingan sempurna
Peranan Koperasi dalam Persaingan Sempurna (perfect competitive market)
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
– Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak
– Produk yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen)
– Perusahaan bebas untuk mesuk dan keluar
– Para pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna

2. Pasar dengan persaingan tak sempurna, yaitu :Monopoli, Persaingan Monopolistik dan Oligopoli
Koperasi dalam Pasar Monopolistik
Ciri-cirinya :
 Banyak pejual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam
 Produk yang dihasilkan tidak homogen
 Ada produk substitusinya
 Keluar atau masuk ke industri relatif mudah
 Harga produk tidak sama disemua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualnya
Koperasi dalam Pasar Oligopoli
• Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar

• Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga

Sumber: staff.gunadarma

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s