tugas 7

Posted: November 26, 2010 in Uncategorized

1) Jelaskan secara singkat 5 konsep pemasaran?
Jawab:

a. konsep produksi
konsep ini menyatakan bahwa konsumen akan menyukai produk-produk yang terjangkau oleh kemampuan mereka. Karena itu manajemen perlu bekonsentrasi pada peningkatan efisiensi produk dan efisiensi distribusi. Konsep produksi ini merupakan alternatif yang tepat bila menghadapi dua macam situasi. Pertama, bila permintaan akan suatu produk melebihi pasokan, sehingga perlu diupayakan peningkatan produksi. Kedua, bila biaya tinggi, sehingga produksi perlu diturunkan sambil melakukan perbaikan produktivitas.

b. konsep produk
konsep ini berpegang teguh pada anggapan bahwa konsumen akan menyenangi produk yang menawarkan mutu,penampilan maupun keistimewaan dibandingkan produk sejenis. Karena itu organisasi perlu mengadakan perbaikan-perbaikan produk yang berkesinambungan.

c.konsep penjualan
konsep penjualan menekankan pada anggapan bahwa konsumen tidak akan membeli produk, jika organisasi tidak melakukan usaha-usaha promosi dan penjualan. Konsep penjualan biasanya dilakukan pada produk-produk yang kurang diminati atau tidak terlalu dipikirkan oleh pembeli, seperti asuransi dan buku ensiklopedi. Karena itu perlu diupayakan teknik penjualan untuk mendapatkan pembeli potensial, misalnya dengan menerangkan manfaat produk bersangkutan.

d.konsep pemasaran
menurut konsep ini, kunci untuk mencapai keberhasilan sasaran organisasi adalah kejelian dalam menentukan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran, serta mengupayakan pemenuhan kepuasan yang lebih baik ketimbang apa yang dilakukan pesaing.

e. konsep pemasaran kemasyarakatan
tugas organisasi berhubungan dengan penentuan kebutuhan,keinginan, serta minat pasar sasaran dan untuk memberikan kepuasan yang lebih efisien dan efektif daripada pesaing dengan cara mempertahankan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat secara keseluruhan.

2) Sebutkan dan jelaskan beda pasar dan pemasaran!
Jawab:

– pasar: tempat pertemuan antara penjual dan pembeli atau lebih jelasnya, daerah,tempat, wilayah, area yang mendukung kekuatan permintaan dan penawaran yang saling bertemu dan membentuk harga.

– pemasaran: suatu proses sosia dan manajerial dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan ingingkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain.

3) Apa beda kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran!
Jawab:

-kebutuhan
konsep paling pokok yang melandasi pemasaran adalah kebutuhan manusia. Kebutuhan adalah suatu keadaan perasaan yang membutuhkan pemenuhan terhadap sesuatu, seperti makanan, pakaian,perumahan, harga diri, rasa aman dan kasih sayang.
-keinginan
kebutuhan yang dibentuk oleh budaya dan pribadi seseorang. Ragam dari keinginan semakin berkembang dengan berkembangnya kebudayaan. Di Indonesia orang membutuhkan nasi sebagai pilihan utama, sedangkan masyarakat di Amerika lebih menginginkan hamburger, kentang goreng dan coke.

4. jelaskan dengan singkat apa yang dimaksud dengan marketing mix!
Jawab:

bauran pamasaran (marketing mix) adalah kegiatan pemasaran yang terpadu dan saling menunjang satu sama lain. Keberhasilan perusahaan dibidang pemasaran didukung oleh keberhasilan dalam memilih produk yang tepat, harga yang layak, saluran distribusi yang baik, dan promosi yang efektif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s