tugas 5

Posted: November 26, 2010 in Uncategorized

1.Sebutkan perbedaan dari manajemen dan organisasi?
Jawab:

MANAJEMEN
– Manajemen merupakan suatu proses yang melibatkan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian yang dilakukan untuk mencapai sasaran perusahaan melalui pemanfaatan sumber daya lainnya.

ORGANISASI
– Dalam arti badan, organisasi adalah sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.
– Dalam arti bagan, organisasi adalah gambaran skematis tentang hubungan kerja sama antara orang-orang yang terdapat dalm suatu badan untuk mencapai suatu tujuan.
– Dalam arti dinamis, organisasi adaah suatu proses penetapan dan pembagian pekerjaan, pembatasan tugas dan tanggung jawab, serta penetapan hubungan antara unsur-unsur organisasi, sehingga kemungkinan orang bekerja sama secara efektif untuk mencapai tujuan.

2. Mengapa manajemen selau dibutuhkan dalam setiap aktifitas kita?jelaskan!
Jawab:

Dari beberapa pandangan di atas, dapat disimpulkan ada tiga alasan mendasar, mengapa manajemen diperlukan, yaitu :
1) Untuk mencapai tujuan organisasi. Manajemen dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi dan juga tujuan individu yang ada dalam organisasi tersebut.
2) Untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan. Manajemen dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan antara tujuan, sasaran dan kegiatan yang bertentangan dari pihak-pihak yang berkepentingan dengan organisasi, seperti ; pimpinan, pegawai, pelanggan, serikat kerja, masyarakat, pemerintah (pemerintah daerah), dll.

3) Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas. Efisiensi adalah kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan benar, sedangkan efektivitas merupakan kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat atau peralatan yang tepat untuk pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.

3. Apa yang dimaksud dengan prinsip koordinasi itu dan mengapa prinsip tersebut diperlukan?
Jawab:

adanya pembagian tugas dn bagian-bagian serta unit-unit terkecil di dalam organisasi,cenderung menimbulkan kekuatan untuk memisahkan diri dari organisasi sebagai suatu keseluruhan. Misalnya pada sebuah universitas yang terdiri dari beberapa fakultas, membuat setiap fakultas cenderung hanya memberi perhatian terhadap tugas unitnya saja dan kemungkinan melupakan tujuan universitas sebagai keseluruhan. Untuk mencegah hal demikian, harus ada usaha membalikkan gerak yang cenderung memisahkan diri dengan usaha koordinasi, yaitu dengan mengarahkan kegiatan unsur-unsur organisasi agar memberikan sumbangan semaksimal mungkin bagi tercapainya tujuan keseluruhan organisasi.

4.Apa yang dimaksud dengan manajer yang efektif dengan manajer yang efisien?
Jawab:

1.Manajemen efisien adalah suatu ukuran keberhasilan yang di nilai dari segi besarnya sumber atau biaya untuk mencapai hasil dari kegiatan yang di jalankan.

2.Manajemen efektif adalah suatu tujuan yang dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sehingga memperoleh hasil yang di inginkan karena telah terorganisir dengan baik dan sesuai dengan jadwal.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/manajemen

5. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi!
Jawab:

– kebutuhan pribadi
-tujuan dan persepsi individu atau kelompok
-cara untuk mewujudkan kebutuhan,tujuan, dan persepsi tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s